Rabu, 03 Agustus 2011

Kuliner Jogja @Ayam Betutu Gilimanuk

Care makanan BALI ga perlu juga jauh2 nyampe ke BALI, apalage kalo cari menu kayak Ayam Betutu..di Jogja uda banyak yg ngejual makanan khas Bali tersebut, salah satuNya di Ayam Betutu Gilimanuk yang juga berada di Jalan Damai, or lebih tepatnya lage di jalan Watugede No 2, Mudal Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Klo dari Monjali menuju ke arah hotel hyat, nanti ada pertigaan terus ke arah timur (belok kiri) ntr luruss aj, uda keliatan papan nama Ayam Betutu ntr ikutin aja petunjukNyaa..
Nie resto kental banget nuansa BALInya, dari depan aja uda kerasa atmosfer kayak di Bali..

Ayam beutu disini terdiri dari 3 paket ayam beutu utuh, 1/2 ayam betutu dan 1/4 ayam beutu..Ayam Betutu ini rasanya beenr2 khas, coz kerasa banget bumbu rempah-rempah dari Bali, karena khas BALI jadi cenderung PEDAS nie ayam,, pedasNy luar dalem, bener2 bikin keringetan deh.. kuah nie ayam betutu warnaNy aga kekuningan gtu, jelas bumbu di ayam ini banyak pake bumbu dapur kayak kunir salah satuNya yg ngeBuat kuahNy bewarna kuning n'ga lupa rempah2 yang BALI bangett..
Ayam betutu disajikan dalam dua macam jenis yaitu ayam betutu basah dan ayam betutu goreng. Sama2 enak koq, cuman klo pengen ayam atau bebek dengan bumbu ungkep basah yang original, sebaiknya pilih yg betutu basah, tapi klo suka ayam yang digoreng kering..cobain tuh ayam betutu gorengNyaa..
Daging ayamnya betutu ini sangat empuk, sebagai pelengkap ayam betutu dengan rasa pedas ini, ada sayur bayam n'sambalNya juga... sambl khas gilimanuk n' kacang bener2 membuat perfect nie ayam betutu... Nasi 1 porsi aja ga cukup deh buat memuaskan makan ayam Betutu inie..




selain Ayam Betutu yg jadi primadona disini, nie rumah makan juga mengandalkan nasi campur Bali yang terdiri dari nasi putih, kacang goreng, sayur lawar/urap, sambal matah/sambal mbe, sate lilit/sate tusuk, tum ayam/pepes ikan, ayam sisit, telur/udang, ayam bumbu rajang/telur bumbu bali, sambal terasi/sayur ares. Porsinya cukup besar dan lengkap. Sebagai pelengkap, Ayam Betutu Khas Gilimanuk juga menyajikan ikan bakar, urap sayur, sate (ikan) tusuk, lawar ayam, aneka macam tum (sejenis pepes Bali) dan aneka macam dessert seperti yogurt, poffertjes, dan es krim.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...